LDKS SMP Negeri 1 Pasawahan Tahun Pelajaran 2023/2024

Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa SMP Negeri 1 Pasawahan Tahun Pelajaran 2023/2024 dilaksanakan di wilayah kiarapedes kabupaten purwakarta jawa barat pada tanggal 26 s/d 27 Januari 2024, kegiatan LDKS tahun ini dilaksanakan dengan tema "Membentuk Generasi Pemimpin yang Disiplin, Cerdas, Bertanggung Jawab dan Berakhlak Mulia", kegiatan ini bertujuan :


Peserta juga sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Mereka berharap dapat mempelajari banyak hal baru dan meningkatkan kualitas kinerja organisasi.

Ketua OSIS SMP Negeri 1 Pasawahan, mengatakan bahwa kegiatan ini sangat penting bagi seluruh siswa dan siswi "Sebagai calon pemimpin di sekolah, para peserta harus memiliki keterampilan kepemimpinan yang baik agar dapat memimpin dengan efektif dan menjalankan tugas-tugas organisasi dengan baik. Latihan dasar kepemimpinan ini akan membantu mereka mencapai tujuan tersebut," ujar Silviyana Damayanti selaku ketua OSIS periode 2023/2024.

Kegiatan LDKS OSIS Masa Bakti 2023-2024 ini meliputi pelatihan mengenai kepemimpinan tim, komunikasi, pengambilan keputusan, manajemen waktu, dan manajemen konflik. 

kegiatan dibuka dengan apel yang di hadiri bapak/ibu guru dan kepala sekolah selaku pembina apel disertai penyematan secara simbolis papan nama peserta LDKS menandakan kegiatan telah dibuka secara resmi.

Selama kegiatan berlangsung, peserta LDKS diberikan pelatihan mengenai kepemimpinan dan beberapa materi mengenai keorganisasaian yang disampaikan oleh bapak/ibu guru. Materi pertama mengenai Kepemimpinan yang di sampaikan oleh Bapak mamat, S.Pd, dalam materi ini para peserta di harapkan mampu menumbuhkan jiwa leadership di lingkungan sekitar ataupun di lingkungan sekolah, karena kepemimpinan sangat diperlukan dalam berbagai macam aspek yang kelak menjadi bekal untuk siswa/siswi dalam kehidupan di masa yang akan datang.

Materi kedua mengenai Keorganisasian disampaikan oleh Bapak Wasroi, S.Pd selaku Kesiswaan di SMP Negeri 1 Pasawahan, didalam materi ini peserta di harapkan lebih mengenal segala bentuk organisasi yang ada dilingkungan SMP Negeri 1 Pasawahan, karena dengan berorganisasi siswa diharapkan mampu berperan aktif dalam perkembangan dan pembangunan yang ada di dilingkungan sekolah ataupun berperan aktif di lingkungan siswa 

Persiapan Isoma yang akan diteruskan dengan kegiatan malam kreatifitas seni dari peserta

Pada malam hari, peserta LDKS menampilkan kreasi seni dari setiap masing-masing Ekstra Kurikuler yang di ikuti oleh peserta. 

Hari kedua kegiatan di awali dengan renungan pagi yang dilanjutkan dengan shalat subuh berjama'ah 

Kegiatan dilanjutkan dengan persiapan sarapan bagi seluruh peserta LDKS

Kegiatan setelah sarapan pagi dilanjutkan dengan Senam sehat dan setelahnya dilanjutkan dengan Games yang bertujuan untuk mengasah kekompakan peserta

Persiapan Makan Siang bagi seluruh Peserta LDKS

LDKS 2024 di laksanakan dengan serangkaian kegiatan dan ditutup dengan apel penutupan yang di bina oleh bapak Sobana Ajat Sudrajat sebagai pembina apel. 

Kegiatan latihan dasar kepemimpinan ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kualitas kinerja OSIS SMP Negeri 1 Pasawahan serta mempersiapkan generasi penerus Osis itu sendiri dan membawa manfaat positif bagi siswa dan sekolah. Kegiatan ini juga diharapkan dapat memberikan inspirasi dan motivasi bagi para siswa lainnya untuk mengembangkan keterampilan kepemimpinan mereka.