Visi dan Misi
VISI
Terwujudnya Peserta Didik Yang Berkarakter, Cerdas, Dan Unggul Dalam Prestasi Melalui Komunitas Belajar Yang Berwawasan Lingkungan Dengan Semangat Pancasila
Indikator Visi:
Terwujudnya peserta didik cerdas berkarakter yang mengedepankan pembentukan profil pelajar Pancasila, yang memiliki enam dimensi utama yaitu:
Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia,
Mandiri,
Bernalar Kritis,
Kreatif,
Bergotong-royong, dan
Berkebinekaan global.
Terwujudnya peserta didik yang unggul dalam bidang akademik dan non akademik
Terwujudnya komunitas belajar yaitu sekolah sebagai tempat saling belajar dan berkembang bagi guru sebagai ahli, peserta didik, serta orang tua dan masyarakat.
Terwujudnya lingkungan belajar yang kondusif
Terwujudnya pendidikan yang mengembangkan keterampilan abad 21
MISI
Mewujudkan lulusan yang unggul dalam bidang akademik dan non akademik.
Menentukan kriteria ketuntasan belajar peserta didik
Menentukan kriteria lulusan dalam bentuk portofolio, berupa evaluasi atas raport, nilai sikap atau perilaku, dan prestasi yang diperoleh sebelumnya.
Mengikutsertakan peserta didik untuk kegiatan lomba minimal tingkat kecamatan hingga sampai tingkat internasional.
Mewujudkan pendidikan yang mengedepankan pembentukan profil pelajar Pancasila
Melaksanakan proyek profil pelajar pancasila untuk seluruh peserta didik
Mengintegrasikan nilai profil pelajar pancasila dalam perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian
Mengintegrasikan nilai profil pelajar pancasila dalam kegiatan pembiasaan rutin sekolah dan budaya sekolah
Mengimplementasikan nilai profil pelajar pancasila dalam kegiatan Ekstrakurikuler.
Mewujudkan pendidikan yang mengedepankan pembentukan komunitas belajar yaitu guru, peserta didik dan orang tua saling belajar sepanjang hidupnya.
Membuka ruang kelas (open class) untuk guru lain bisa saling melihat dan belajar proses pembelajaran di kelas.
Mengaktifkan kegiatan MGMP sekolah untuk forum diskusi dalam merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, dan penilaian
Mengikuti pendidikan dan atau pelatihan yang relevan dengan mata pelajaran yang diampu untuk dapat meningkatkan kualitas pengetahuan, keterampilan, dan wawasan guru agar lebih profesional.
Memfasilitasi kegiatan ekstrakurikuler pilihan berdasarkan minat dan potensi peserta didik dalam segala bidang.
Memfasilitasi sosialisasi kepada komunitas orang tua terkait dengan program sekolah.
Mewujudkan pendidikan yang menjamin hak belajar bagi setiap peserta didik
Memfasilitasi pembelajaran bagi peserta didik berkebutuhan khusus
Memfasilitasi pembelajaran dengan mengedepankan persamaan hak
“Caring” (peduli) dalam proses pembelajaran, dimana setiap peserta didik saling bantu dan dibantu.
Mewujudkan pendidikan menggunakan pendekatan atau model yang beragam
Melakukan kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan model yang beragam
Melakukan pembiasaan bagi peserta didik untuk melaksanakan tugas dalam bentuk proyek
Mewujudkan pendidikan mengembangkan keterampilan abad 21
Melakukan kegiatan belajar mengajar mengembangkan sikap kritis, kreatif, kolaboratif, komunikatif
Melakukan kegiatan belajar mengajar dengan mengintegrasikan literasi dan numerasi.
Melakukan kegiatan pembiasaan pengembangan karakter melalui:
Tujuh Poe Atikan
Pembelajaran AKPK
Pendidikan Anti Korupsi
Program Sekolah Ramah Anak
TdBA (Tatanen di Bale Atikan)